Warung Bebas
HOME SING IN LOG OUT
SELAMAT DATANG DI WITTO BLOG | TEMPAT NONGKRONG PARA BLOGGER | Voucher Bersama - Witto Blog - Tutorial Blog | SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN | MAAF ATAS KE TIDAK NYAMANANNYA

Jumat, 04 Desember 2009

ATM Setoran Tunai atau Cash Deposit Machine (CDM)

Jumat, 04 Desember 2009

Penjelasan Singkat

ATM Setoran Tunai adalah Automatic Teller Machine yang disediakan khusus untuk transaksi setor tunai bebas bea baik ke rekening sendiri maupun ke rekening nasabah lain. Transaksi akan langsung masuk saat itu juga. ATM Setoran Tunai seringkali disebut dengan Cash Deposit Machine (CDM).


Jenis Uang yang diterima

Setoran tunai yang dapat dimasukkan dalam CDM adalah rupiah dalam pecahan:

1. Rp, 20.000,

2. Rp. 50,000, dan

3. Rp. 100.000.


Limit transaksi per hari

Limit layanan melalui CDM ini untuk semua jenis kartu Paspor adalah maksimal 5 juta rupiah per hari.


Cara menggunakan CDM

Cara menggunakan CDM ini sangat mudah. Untuk memulainya:

1. Masukkan Kartu Paspor BCA/MANDIRI
2. Masukkan nomor PIN (sama seperti yang biasa digunakan di ATM BCA/MANDIRI).
3. Secara otomatis wadah kotak tempat menaruh uang akan terbuka. Masukkan uang yang akan disetorkan ( maksimal 50 lembar ).
4. Setelah dimasukkan maka mesin akan melakukan penghitungan. Pada layar akan muncul 2 pilihan, apakah akan menyetor ke rekening sendiri atau ke rekening lain yang ada di BCA/MANDIRI.
5. Masukkan nomor rekening sesuai tujuan.
6. Tekan benar jika sudah memastikan jumlah nominal dan rekening tujuan benar. Dana yang disetorkan akan masuk (dibukukan atau dikreditkan) saat itu juga ke rekening penerima.


Tanda bukti transaksi
Sebagai bukti bahwa nasabah telah melakukan penyetoran sejumlah uang melalui CDM, maka mesin akan mencetak struk (tanda terima). Struk akan berisikan jumlah uang yang disetor dan rekening tujuan/penerima.


Keuntungan-keuntungan dari CDM BCA/MANDIRI

Beberapa keuntungan dari CDM milik BCA?MANDIRI adalah sebagai berikut:

1. Untuk transaksi penyetoran bisa dilakukan kapan saja tanpa harus antri di teller dan mengisi form setoran.
2. Mengurangi beban kerja teller untuk melakukan transaksi penyetoran, sehingga layanan bisa menjadi lebih efisien.
3. Jaringan milik BCA/MANDIRI yang tersebar luas, sehingga untuk melakukan transaksi penyetoran tidak perlu pergi jauh untuk mencari CDM maupun ke BCA?MANDIRI sendiri.
4. Transaksi setoran tidak terikat dengan jam operasi buka bank.
5. Setiap kali penyetoran, CDM bisa membedakan pecahan denominasi yang diterimanya, sehingga setiap setoran dana melalui mesin ini dapat dilakukan tanpa harus menggunakan denominasi yang sama.


Tips menggunakan CDM
Rapihkan lebih dahulu uang yang akan dimasukkan ke dalam ATM Setoran Tunai. Jangan sampai uang tertekuk/terlipat/sobek. Lepaskan karet atau klip pengikat uang sebelum dimasukkan ke dalam mesin. Jangan memasukkan benda selain uang ke dalam mesin. Simpanlah struk tanda terima.


Hubungan CDM dengan teknologi lain
CDM sebenarnya sama saja dengan ATM lain oleh karena itu sifatnya hampir sama seperti ATM, namun ia hanya mampu melakukan transaksi penyetoran saja. Transaksi yang dilakukan dari CDM akan langsung mengupdate saldo nasabah begitu uang yang disetor melalui CDM sudah divalidasi.


Semoga ini bemanfaat....



Cari Artikel Lainnya Disini
Custom Search

Bagi yang ingin belajar PHP / HTML / MySQL dengan sangat mudah sambil langsung praktek dalam waktu yang singkat,di tuntun dengan tutorial video yang di rancang khusus dan mudah di mengerti, Witto Mengajak anda belajar DISINI.

0 komentar:

Posting Komentar

Comment Yuk Biar Lebih Seru....

Prev Prev Home
 

Follow

Buku Tamu No Link